Sabtu, 17 Desember 2011

Hakekat Setan

setan, ini bukan tentang sebuah mistik atau apapun tentang misteri. namun ini adalah setan menurut kepercayaan orang islam. hampir setiap orang menganggap setan adalah makhluk halus sejenis dengan jin. tetapi dalam sebuah buku pelajaran "Akidah Akhlak SMA KHADIJAH" ada hal yang ternyata belum banyak orang tahu tentang apa sebenarnya setan.
kata setan yang biasa didengar berasal dari kata syaithan jama'nya adalah syayathin yang artinya setiap hal yang keterlaluan dari golongan manusia, jin atau hewan.

golongan jin yang ingkar kepada Allah SWT disebut setan. mereka itu memusuhi para nabi dan menipu manusia agar tidak mengikuti jejak para nabi. demikian juga setan dari jenis manusia, disamping mereka yang ingkar pada Allah SWT, juga membujuk manusia lain untuk berbuat kejahatan dan meninggalkan perintah-perintah Allah SWT.

setan dari golongan jin termasuk makhluk ghaib. mereka tidak dapat di lihat, di dengar, atau dirasa. bujukan setan dari jenis jin ini langsung ditunjukkan ke dalam hati manusia, tiba-tiba dalam hatinya telah timbul keinginan untuk berbuat jahat yang tentunya melanggar aturan agama. setan dari jenis jin juga dapat meniupkan suatu keraguan ke dalam hati manusia. seperti dalam QS AN-NISA' :119 yang artinya: "dan aku(setan) benar-benar akan menyesatkan mereka(manusia) dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka(memotong telinga-telinga binatang ternak) lalu mereka benar-benar memotongnya dan akan aku suruh mereka(mengubah ciptaan Allah), lalu mereka benar-benar mengubahnya. barang siapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata"
sumber: "Akidah Akhlak XI SMA KHADIJA"

Tidak ada komentar:

terima kasih atas kunjungan anda :]
Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info